Recent Posts

    Bedannya Tepung Panir Dengan Tepung Roti


    Sering kali ketika anda membaca resep ada sebutan Tepung Panir, sebenarnya apakah tepung panir itu, jika di lihat dari bahannya bisa di pastikan Tepung panir itu adalah tepung yang terbuat dari roti kering yang di haluskan, jadi kesimpulannya Tepung panir adalah tepung roti, karena sebutannya maka hanya beda tipis, nanti akan kami jelaskan apa beda tipisnya. Yang pasti Tepung ini biasanya digunakan sebagai lapisan luar gorengan agar lebih renyah.
    Banyak orang mengira tepung roti dan tepung panir itu sama, tapi sebenarnya jika di paksakan sebenarnya  ada bedanya, dan berikut ini penjelasannya :
    Tepung Roti

    Tepung roti terbuat dari roti segar tanpa kulit yang dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil seperti remah. Tepung roti mempunyai tekstur yang lebih kasar dan butirannya lebih besar dari tepung panir dengan warna yang cenderung putih. Tepung roti mudah dibeli di pasaran dalam berbagai macam kemasan. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat nugget, tempura ikan dan
    seafood. Ada juga panko, sejenis tepung roti yang sering digunakan untuk tempura karena menghasilkan lapisan yang lebih bertekstur besar dan renyah daripada tepung roti biasa.

    Tepung Panir


    Sama dengan tepung roti, bahan dasar tepung panir juga terbuat dari roti yang dikeringkan. Tapi roti yang digunakan untuk membuat tepung panir adalah roti dengan kulit pinggiran yang digiling menjadi butiran yang lebih kecil daripada tepung roti. Karena terbuat dari roti dengan kulit, tepung panir memiliki warna yang lebih gelap daripada tepung roti. Tepung panir sering digunakan sebagai bahan lapisan risoles, kroket, pisang pasir, dan bahan campuran dalam adonan rolade atau galantin.


    TEPUNG ROTI dan TEPUNG PANIR (BREAD CRUMB) Tepung roti/panir di bedakan menjadi beberapa jenis yang berbeda tekstur dan warnanya sehingga beda pula kegunaanya.Tepung roti banyak dijual di pasaran, tetapi membuat sendiri juga cukup mudah karena umumnya terbuat dari roti tawar yang dikeringkan.

    Sebenarnya anda bisa bikin sendiri tepung ini dari roti tanpa kulit ( untuk tepung roti) dan roti dengan kulit ( ( ( untuk tepung panir ), yang disobek-sobek lalu dipanggang hingga kering. Selanjutnya hancurkan menggunakan food processor atau chopper atau blender kering.  Semakin lama proses pemanggangan, akan semakin gelap warna tepung yang dihasilkan


    Berikut ini Macam - macam Tekstur Tepung Roti dan Tepung Panir di kelompokan sesuai dengan funsinya :

    Tepung Roti Putih Kering

    Biasanya digunakan untuk membalut ikan, ayam, daging atau sayuran sebelum digoreng.Membuatnya: letakkan roti tanpa kulit pada loyang datar selembar-selembar lalu jemur di bawah matahari sampai kering atau dioven dengan suhu 120° hingga kering tapi tidak kecoklatan. Lalu haluskan dengan food processor atau dengan cara menumbuknya di dalam kantung plastik. Tepung ini dapat bertahan 1 bulan dalam wadah kedap udara.
    .
    Tepung Roti Coklat Kering

    Biasanya untuk taburan masakan panggang seperti potato gratin atau untuk risoles dan kroket. Cara Membuatnya sama seperti membuat tepung roti putih kering. hanya suhunya lebih panas hingga roti berwarna kecoklatan.

    Panko Flour atau Tepung Panko

    Tepung roti dengan tekstur yang lebih kasar dari tepung roti biasa, ada yang berwarna kuning keemasan, juga putih. Biasa digunakan untuk  makanan Jepang seperti Katsu atau Tempura. Rasanya lebih garing dan renyah.


    Demikian Sekilas Informasi Tentang Perbedaan Tepung Panir dan Tepung Roti - Semoga Informasi ini bermanfaat bagi anda.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel