Recent Posts

    APA ITU Cream OF Tartar dan Apa Manfaatnya Untuk Membuat Kue


    Bahan pembuat kue yang satu ini mungkin agak sedikit asing di telinga anda, tetapi jika anda hobby mencoba aneka kue dari majalah atau internet pasti anda sering menemukan bahan campuran pembuat kue yang bernama Cream Of Tartar, apakah itu Cream Of  Tartar ? dan apa gunannya ? di Indonesia Cream Of Tartar biasa di sebut dengan nama lain Krim Tartar, bahan kue ini pada umumnya digunakan sebagai salah satu bahan pengembang dan pelembut kue, salah satu merek Cream Of Tartar yang terkenal adalah Cap KoePoe KoePoe ( Kupu - Kupu ) Kita bisa membeli cream of tartar ini dengan harga relatif murah di toko - toko bahan kue dan di pasar swalayan, selain itu anda juga bisa membelinya di toko online langganan anda, untuk lebih jelas tentang apa manfaat Cream of  Tartar ini, mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini :

    Selain melembutkan tekstur kue, krim tartar juga bisa dipakai sebagai ragi atau pengembang. Kombinasi krim tartar dengan baking soda akan menghasilkan gas karbondioksida—jenis gas yang juga dihasilkan ragi dalam roti panggang. Jika krim tartar dimasukkan ke dalam putih telur, lalu digunakan untuk membuat kue, adonan tak lekas kempis. Jika ditambahkan ke dalam sirup, krim tartar mampu mencegah gula mengkristal.


    Cream Of Tartar Terbuat dari apa ?

    Komposisi cream of tar tar adalah garam potasium (kalium) dari asam tartaric, yang berbentuk kristal atau powder sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acid atau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi bahan ini adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang baikpula.

    Cream of tartar ( Potassium bitartrate ) merupakan hasil endapan dari fermentasi sari buah anggur. Warna Cream of Tartar adalah putih bersih dan bentuknya bubuk halus.


    Kegunaan Cream Of Tartar

    Dalam dunia masak - memasak,  fungsi dari cream of tartar adalah sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk pembuatan baking powder, dalam proses ini baking soda ( natrium bikarbonat)  dan pati lembam dicampur dengan garam asam (selain krim tartar bisa juga garam asam lainnya).
    Saat cream of tartar yang bersifat asam dan baking soda yang bersifat basa bertemu dalam keadaan basah akan terjadi reaksi asam-basa dengan hasil gas karbon dioksida. Proses inilah yang dimanfaatkan untuk mengembangkan kue.


    Cream of tartar ini berguna untuk mengembangkan dan menstabilkan volume putih telur yang dikocok.
    Dalam pemakaiannya, kocok dulu putih telur hingga mengembang, lalu masukkan cream of tartar dan kocok kembali hingga putih telur menjadi kaku. Gunakan ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar adalah McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck

    Selain sebagai bahan pengembang dan pelembut kue, kegunaan cream of tartar lainnya adalah,

    • Kita bisa menambahkan cream of tartar ke dalam kocokan putih telur untuk menstabilkan bentuk sekaligus membuatnya mengembang
    • Kita mencampurkan krim tartar untuk membuat whipped cream yang sempurna dengan rasa asam yang dapat menggugah selera makan
    • Saat dimasukkan ke dalam sayur kita bisa menjaga warna sayur agar tetap cerah
    • Dapat digunakan untuk mencegah munculnya kristal gula saat pembuatan sirup
    • Jika digunakan pada permen bisa menciptakan struktur yang lebih creamy

    Demikian Sekilas Informasi Tentang Bahan Kue Cream Of Tartar - Semoga bermanfaat bagi anda.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel